Kesimpulan

1. Minyak bumi adalah minyak mentah yang terbentuk secara alami dalam batuan endapan dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Sementara itu, gas alam adalah campuran gas-gas yang mudah terbakar dan sebagian besar terdiri dari hidrokarbon
2. Karena komponen-komponen yang terkandung dalam minyak bumi sangat banyak, maja untuk memisahkan komponen-komponen tersebut digunakan destilasi bertingkat. Pada proses destilasi bertingkat ini, komponen-komponen minyak bumi dipisahkan berdasarkan perbedaan titik didih dari masing-masing komponen.
3. Kualitas bensin dapat ditentukan berdasarkan bilangan oktan. Untuk menentukan bilangan oktan, digunakan dua jenis senyawa sebagai pembanding yaitu n-heptana (alkana rantai lurus) dan isooktana (alkana bercabang) yang keduanya merupakan senyawa yang terdapat dalam bensin
4. Untuk meningkatkan kualitas bensin atau meningkatkan bilangan oktan, pada bensin tersebut ditambahkan suatu zat additif antara lain TEL, ETBE, TAME, MTBE yang berguna untuk mengurangi ketukan.
5. Pembakaran bahan bakar fosil menimbulkan pencemaran. Polusi terutama disebakan adanya pengotor dan aditif dalam bahan bakar, serta pembakaran tidak sempurna.
6. Peningkatan kadar CO2 dapat menyebabkan pemanasan global melalui efek rumah kaca.
7. Karbon monoksida mengganggu pernapasan karena mengikat hemoglobin.
8. Oksida belerang dan oksida Nitrogen dapat menyebabkan hujan asam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s